BANGLI – Toya Devasya, destinasi wisata ternama yang terletak di dalam lingkungan Batur UNESCO Global Geopark, merayakan ulang tahunnya yang ke-22, pada Jumat (18/7/2024).
Tahun ini, tema yang diangkat adalah Wisata Narasi (Storynomics) menekankan pentingnya kekuatan cerita bagi industri pariwisata.
Tema ini tidak hanya mencerminkan sejarah dan perjalanan Toya Devasya, tetapi juga menggarisbawahi komitmen untuk terus mengembangkan pariwisata Kintamani, dan Batur secara khusus.
Selama 22 tahun, Toya Devasya telah berkiprah dan berkisah, memperkenalkan dan memajukan Batur sebagai destinasi wisata unggulan di Bangli dan bahkan Bali.
Kisah Toya Devasya adalah kisah kebersamaan, komitmen, dan inovasi yang terus-menerus untuk menjadikan Batur sebagai tujuan wisata yang menarik dan berkesan bagi para pengunjung.
Setiap pengunjung yang datang ke Toya Devasya selalu membawa pulang cerita mereka sendiri, yang pada gilirannya memperkaya kisah kami.
Dalam perayaan tahun ini, Toya Devasya secara khusus mengundang Dee Lestari, seorang penulis kenamaan Indonesia, dan Ni Luh Djelantik, tokoh masyarakat Kintamani dan anggota DPD RI, untuk berbicara tentang kekuatan narasi bagi industri pariwisata.
Dee Lestari, dengan reputasinya yang mendunia, akan membagikan pandangannya tentang bagaimana cerita dapat menjadi alat yang kuat dalam mengembangkan pariwisata.
Sementara itu, Ni Luh Djelantik memberikan perspektifnya tentang bagaimana narasi dapat digunakan untuk mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya lokal serta memberdayakan masyarakat setempat.
Berkaitan dengan tema Storynomics, dalam perayaan tahun ini Toya Devasya meluncurkan buku bertajuk “Eat, Play, Love.”
Sebuah company profile yang dibuat dalam konsep storytelling sehingga tidak terasa sebagai sebuah profil bisnis. Buku ini dibuka dengan memperkenalkan Batur Global Geopark sebagai kawasan yang kaya akan cerita dan budaya, yang mampu menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia.
Buku ini juga memuat profil Toya Devasya dan pemiliknya, I Ketut Mardjana, yang berperan besar dalam mengembangkan kawasan wisata Batur dan masyarakat sekitarnya.
Tema penting lainnya dalam perayaan tahun ini adalah “Toya Devasya Easy Click”. Toya Devasya meluncurkan tampilan website baru yang lebih dinamis, artistik, dan user-friendly.
Website ini dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dengan navigasi yang lebih mudah dan konten yang lebih informatif.
Lebih dari itu, website ini telah dilengkapi dengan engine e-resto yang memudahkan customer untuk memesan tiket dan bertransaksi secara online.
Dengan fitur ini, pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka dengan lebih efisien dan nyaman, memastikan bahwa mereka dapat menikmati semua yang ditawarkan Toya Devasya tanpa hambatan (*tis)
Penulis : Titis Pamungkas